s

Popular Post

Pengertian dan Jenis Batu Marmer di Indonesia

Diposkan oleh On 6:53:00 AM

Batu marmer adalah batuan kristalin kasar, batuan ini berasal dari batu gamping atau dolomit. Marmer yang masih alami akan berwarna putih karena disusun oleh mineral kalsit. Marmer adalah batuan alam dari hasil proses metamorfosa dari batuan gamping. Batu ini diperoleh dari peralihan suhu dan juga tekanan yang bermacam-macam yang diberikan oleh alam dengan gaya endogen, yang menyebabkan batuan gamping menjadi rekristalisasi sehingga membentuk berbagai foliasi atau non foliasi. Berikut adalah beberapa batu marmer yang dapat digunakan untuk lantai rumah.

Batu Marmer

1.   Flamed finish batu marmer

Seperti namanya batuan ini biasanya menggunakan batu granit. Jenis batuan ini, adalah jenis batuan  yang kasar, batu harus dibakar sebelum digunakan. Jenis batuan ini biasanya digunakan untuk lantai eksterior rumah.  

2.   Rought cut finish batu marmer

Batuan ini juga terbuat dari campuran batuan andesit, marmer. Batu ini mempunyai kekuatan yang bagus, dari permukaan batuan ini akan tampak halus namun batuan ini tidak mengkilap. Jika ingin lebih halus lagi maka batuan ini harus melalui pemolesan terlebih dahulu.

3.   Polish finish batu marmer

Jenis batu ini terbuat dari batuan marmer, dimana permukaan batu ini sangat halus dan juga rata. Penampilan batu ini juga mengkilap. Batuan ini dapat digunakan untuk interior maupun eksterior di luar rumah.

4.   Ppfolish finish batu marmer

Hampir sama dengan polish finish, hanya saja jenis batuan ini tidak mengkilap. Karena pada saat finishing tidak melalui proses pemolesan, hingga hasilnya lantai akan terlihat sedikit kusam.

5.   Honed finish batu marmer

Batu ini juga terbuat dari batu marmer namun batu ini sedikit mengkilap. Itu karena pada saat finishing hanya sedikit diberikan polesan.

6.   Acid finish batu marmer

Batu ini juga menggunakan batu marmer yang masih sedikit kasar pada bagian permukaannya, cara membuat batu ini hampir sama dengan flamed finish. Namun batuan ini tidak melalui proses pembakaran, melainkan melalui cairan kimia atau larutan asam.

Dengan ini maka jelaslah sudah, ketika kita akan membuat rumah dan menggunakan lantai marmer, maka kita akan tahu, jenis batu marmer seperti apa yang cocok untuk rumah kita kelak.         

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »